Amplop Lamaran Kerja

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Solopellico3p.Com – Mencari pekerjaan di era sekarang bisa dibilang cukup sulit. Selain memang banyak sekali penduduk Indonesia yang membludak dan mencari kerja, saingannya dalam masing-masing bidang pekerjaan pun banyak sekali. Hal inilah yang menjadi penyebab sebuah pekerjaan kadang mensyaratkan kualifikasi yang lumayan ketat.

Amplop Lamaran Kerja

Salah satu yang menjadi hal penting dalam mencari pekerjaan adalah surat lamaran. Dalam surat lamaran itu ada juga beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Aspek tersebut salah satunya adalah penulisan amplop lamaran kerja yang benar. Jangan disepelekan, siapa tahu pihak HRD perusahaan yang Anda tuju melihat perihal penulisan amplop lamaran terlebih dahulu sebelum membuka dan membaca surat lamaran Anda.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang contoh penulisan amplop lamaran yang benar. Simak sampai selesai, ya!

Jenis Amplop

Jangan sampai salah menggunakan amplop untuk mengemas lamaran pekerjaan Anda. Surat lamaran pekerjaan bukanlah formalitas semata, namun menjadi salah satu cara Anda untuk merayu perusahaan yang dituju untuk menerima Anda sebagai karyawannya. Kesalahan dalam penulisan surat, bahkan amplopnya dapat menjadi suatu masalah yang berarti. Ingatlah selalu bahwa pesaing Anda untuk mendapat pekerjaan ini banyak sekali.

Amplop yang umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan adalah amplop cokelat besar yang muat untuk ukuran folio, dengan tali sebagai pengunci supaya dokumen Anda tidak tercecer. Maka, jangan lupa untuk mengunci amplop lamaran kerja Anda terlebih dahulu sebelum mengirimkannya. Jangn pula menggunakan amplop yang sudah kotor apalagi lusuh. Pihak perusahaan bisa jadi akan mengaitkan hal tersebut dengan pribadi Anda.

Penulisan Identitas

Tulis identitas lengkap di sebelah kiri atas amplop lamaran Anda. Identitas tersebut meliputi nama beserta gelar Anda jika ada, alamat lengkap sampai dengan RT-RW serta kode pos, dan nomor ponsel atau alamat email Anda.

Tulislah identitas diri tersebut sesuai dengan tata bahasa yang benar, misal dengan menggunakan huruf kapital di bagian awalnya. Sebagai contoh:

Ayu Fitri

Jalan Soekarno Hatta No. 8

Lubuk Lingga-Batam

51122

HP 0877xxxxx

Penulisan Kode Jabatan

Biasanya, sebuah lowongan pekerjaan akan dilengkapi dengan posisi pekerjaan yang sedang dicari. Maka, hal itu juga perlu Anda tuliskan supaya HRD perusahaan yang Anda tuju sudah mengerti Anda menginginkan posisi apa meski hanya baru melihat amplop lamaran kerja Anda.

Tulis posisi yang Anda inginkan ini di bagian kanan atas amplop lamaran Anda. Misalnya sebuah perusahaan sedang membutuhkan tenaga Office Boy dan Customer Service. Jika Anda ingin menduduki salah satu kandidat customer service-nya, maka tulislah Customer Service di pojok kanan atas amplop Anda.

Penulisan Tujuan Surat

Selanjutnya, Anda perlu menuliskan alamat tujuan atau nama perusahaan tempat Anda melamar kerja. Penerima surat ini ditulis di tepi kanan bagian bawah amplop lamaran kerja Anda dengan berbentuk persegi panjang. Gunakan huruf kapital dalam penulisan nama perusahaannya. Akan lebih bagus jika menggunakan ketikan komputer yang dicetak atau stiker label. Itu akan memberi kesan bahwa Anda adalah seorang yang rapi dan memang berniat membuat surat lamaran tersebut.

Contoh penulisan tujuan surat ini yaitu :

Kepada Yth :

Human Resource Department

  1. CIPTOJOYO GROUP

Bengkoang Telaga Indah Blok K 23

Kota Batam – Kepri


Nah, itulah contoh penulisan amplop lamaran kerja yang benar dan harus Anda perhatikan untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga :